Update Tebaru Kumpulan Resep Masakan Indonesia Sederhana Kreatif Untuk Variasi Menu Makan Praktis Sehari-hari Serta Camilan dan Aneka Kue Tradisional Nusantara.

Minggu, 13 Desember 2015

Resep Martabak Manis Bangka Spesial

Siapa yang tidak suka dengan martabak manis bangka asli? Legit dan gurihnya membuat semua orang menyukai martabak mini satu ini. Selain manis dan gurih, tebalnya si martabak ncc membuat kita kenyang. Ada banyak pedagang yang menjual martabakk bangka sebagai sajian menu utama mereka. Hmm kita kira bisa gak ya bikin martabak bangka sendiri ?

Untuk Anda yang memiliki hobi memasak dan suka dengan beberapa percobaan resep, kali ini kita sajikan resep martabak manis bangka spesial yang bisa Anda buat selagi dirumah. Lets check this out.
contoh resep martabak bangka
Aneka Resep Masakan Indonesia

Berikut adalah bahan-bahan untuk membuat martabak manis bangka special.

  • 1,5 kg tepung terigu atau bisa juga tepung bogasari
  • 8 butir telur ayam
  • 4 sdm ragi atau yeast
  • 150gr kacang tumbuk kasar yang digoreng tanpa minyak (sangrai)
  • 150gr butiran coklat meises
  • 2 butir air (1800cc) perasan kelapa (santan)
  • soda kue atau baking powder, 65gram 
  • 0,5 kg mentega
  • 1,5 sdt garam (larutkan dan panaskan dengan santan sampai hangat)
  • 1,5 sdt vanilla sebagai penambah aroma
  • 1/4 kg gula pasir, untuk taburan topping
  • Susu kental manis
Bahan-bahan untuk cara membuat martabak manis bangka cukup mudah ditemukan yaa ? Nah sekarang saatnya kita bagikan resep martabak manis bangka spesial untuk Anda.
  1. Langkah pertama adalah memasukkan ragi kedalam campuran santan yang telah diberi sedikit garam. Biarkan adonan tersebut selama kurang lebih 20 menit agar adonan mengeluarkan buih.
  2. Setelah itu siapkan wadah besar kemudian masukkan tepung terigu dan telur. Campu dan aduk kedua bahan tersebut secara perlahan. Masukkan santan yang telah dibuat pertama kali kedalam campuran adonan tepung dan telur. Aduk hingga rata secara perlahan. Kemudian mulailah masukkan soda kue dan vanilla serta gula pasir. Aduk lagi hingga adonan mengental dan lembut.
  3. Setelah itu panaskan loyang yang biasa digunakan untuk membuat martabak bangka. Selanjutnya panaskan loyang dan olesi degan mentega.
  4. Tuangkan adonan martabak kedalam loyang dengan ketebalan sekitar 1 cm dan masak adonan hingga sedikit mengeras dan masak dalam keadaan api sedang.
  5. Kemudian taburkan gula pasir, mese, kacang almon, susu kental manis diatas adonan yang masih diproses. Kemudian Anda lipat martabak menjadi 2 sisi, sapu kedua bagian dengan mentega untuk menambah rasa gurih martabak manis bangka.
  6. Setelah itu iris menjadi beberapa bagian sesuai selera Anda. Selain topping diatas, Anda bisa mencapurkan berbagai macam topping seperti selai, ketan hitam dan masih banyak lainnya.
Cukup mudahkan membuat martabak manis bangka ? Selain Anda bisa mencoba membuat dirunah, Jangan lupa coba Resep Kue Lapis dan Anda bisa saja membuka bisnis baru dengan menu utama martabak manis bangka. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Martabak Manis Bangka Spesial

0 komentar:

Posting Komentar